News & MediaCorporate Update

Arutmin melakukan Bakti Sosial Donor Darah di UTD RS Idaman Banjarbaru

Arutmin melakukan Bakti Sosial Donor Darah di UTD RS Idaman Banjarbaru

Arutmin melakukan Bakti Sosial Donor Darah di UTD RS Idaman Banjarbaru

Pancing Pendonor, Arutmin Berikan Sembako Gratis pada Kegiatan Donor Darah

25 Februari 2021

Source: Banjarmasin Post

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Beberapa bulan terakhir, stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sangat sedikit. Bahkan hampir tidak ada.

Hal ini diakibatkan banyaknya pasien yang memerlukan transfusi darah. Namun, berbanding terbalik dengan orang yang ingin mendonor. Masyarakat cukup takut untuk keluar rumah pada situasi pandemi seperti sekarang ini, apalagi untuk melakukan transfusi darah.

Jadi, apabila ada yang memerlukan darah, pasien tersebut diwajibkan untuk mencari pendonor sendiri, baik dari keluarga atau kerabat dekat.

Mendapati hal ini, PT Arutmin Indonesia (Arutmin), Rabu (24/2/2021) melakukan Bakti Sosial Donor Darah di UTD RSD Idaman Banjarbaru. Selain itu, memberikan paket sembako gratis untuk masyarakat yang lolos screening dan mendonorkan darahnya pada kegiatan ini.

Tersedia sebanyak 150 paket dengan setiap paketnya berisikan 5 kg beras, 1 kg gula, 3 bungkus mi, 1 kaleng sarden, 1 liter minyak goreng dan 1 kotak teh.

Terlihat, antusiasme masyarakat begitu besar terhadap kegiatan ini. Hal itu dibuktikan sehari setelah dipublikasikan, 150 calon pendonor telah terdaftar.

Dengan tingginya antusiasme masyarakat, kegiatan akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap calon pendonor wajib mendaftarkan dirinya terlebih dulu di UTD RSD Idaman Banjarbaru, kemudian akan diberikan jadwal untuk melakukan transfusi. Dalam satu hari hanya 10-15 pendonor saja yang bisa diterima oleh UTD RSD Idaman Banjarbaru selama kurang lebih 10 hari kegiatan.

“Melihat antusiasme masyarakat, calon pendonor akan kami bagi. Jadi, tidak datang sekaligus dalam satu waktu. Ini sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan donor darah,” ucap Rosidah selaku Kepala UTD RS Idaman Banjarbaru.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin Arutmin, tahun lalu juga kita berikan sembako Alhamdulillah cukup menarik bagi masyarakat sehingga masyarakat ingin mendonor,” tambah Edy Noorjayanto, selaku Supervisor Community Development Arutmin.

Back to News & Media