News & MediaCorporate Update

Bakti sosial donor darah rutin bersama UTD RS Idaman Banjarbaru, KSR PMI Unit IAID Martapura dan PMI Kabupaten Banjar

Donor Darah Arutmin Dapat Sembako, Minat Masyarakat Meningkat

31 Agustus 2021

Source: prokal.co

BANJARBARU - Beberapa bulan terakhir, stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit (RS) Idaman Banjarbaru dan PMI Kabupaten Banjar sangat sedikit. Hal ini diakibatkan banyaknya pasien yang membutuhkan transfusi darah namun berbanding terbalik dengan orang yang ingin mendonor. Masyarakat cukup takut untuk keluar rumah pada situasi pandemi seperti sekarang ini, apalagi untuk melakukan transfusi darah.

Mendapati hal ini, PT Arutmin Indonesia (Arutmin) melakukan bakti sosial donor darah rutin bekerja sama dengan UTD RS Idaman Banjarbaru dan KSR PMI Unit IAID Martapura serta PMI Kabupaten Banjar. Kegiatan dimulai pada 18 hingga 27 Agustus belokasi di RS Idaman untuk wilayah Kota Banjarbaru dan di Islamic Center Mufti Tuan Guru Besar H M Dzajouly untuk Kabupaten Banjar. 

Demi menarik para pendonor sekaligus membantu masyarakat di masa Pandemi Arutmin berikan paket sembako gratis untuk masyarakat yang lolos screening dan mendonorkan darahnya. Tersedia sebanyak 200 paket sembako dengan setiap paketnya berisikan 5 Kg beras, 1 Kg Gula, 3 pcs mie, 1 kaleng sarden, 1 liter minyak goreng dan 1 kotak teh per pendaftar.

Dengan tingginya antusiasme masyarakat, kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang mana setiap calon pendonor wajib mendaftarkan dirinya terlebih dahulu, kemudian akan diberikan jadwal untuk melakukan transfusi untuk menghindari kerumunan yang berlebihan. Terlihat antusiasme masyarakat begitu besar terhadap kegiatan ini, hal ini dibuktikan cepatnya masyarakat melakukan pendaftaran.

“Melihat antusiasme masyarakat, calon pendonor akan kita bagi. Jadi tidak datang sekaligus dalam 1 waktu sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan donor darah,” ucap Rosidah selaku Kepala UTD RS Idaman Banjarbaru.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin Arutmin, sebelumnya Arutmin juga memberikan Sembako. Alhamdulillah cukup menarik bagi masyarakat sehingga masyarakat ingin mendonor,” Timpal Edy Noorjayanto, selaku Supervisor Community Development Arutmin. (mat/ema)

Back to News & Media